Tuesday, February 19, 2013

Cara Mengemas Perlengkapan



Apakah semua perlengkapan dan peralatan yang kita bawa dapat masuk ke tas gunung yang kita bawa??? Pertanyaan itu muncul saat kita mengemas perlengkapan dan peralatan yang kita bawa untuk mendaki. Pengemasan dalam Carrier / Tas Gunung sangat penting agar tidak terlalu penuh ataupun sesak. Maka dibutuhkan trik khusus untuk mengemas perlengkapan yang kita bawa. Kantung Plastik dan Karet Gelang sangat berperan penting
dalam pengemasan. Kantung Plastik juga berguna untuk tempat sampah. Jangan sampai kita mengotori hutan jika ingin melihat keindahan hutan tersebut.
 
“Taruh bawaan yang berat dibagian atas”

Berguna agar berat yang kita bawa tidak berada di pinggang kita, melainkan berada dipundak kita, agar memudahkan saat kita melangkah untuk mendaki. Ingat selalu letak barang - barang yang ada untuk memudahkan saat kita mengambil barang yang kita butuhkan.

      1.  Pakaian
Pakaian yang kita bawa tak perlu banyak – banyak. Belum tentu kita dapat mengganti pakaian kita di pegunungan. Bawa sesuai kebutuhan saja. Karet gelang adalah kuncinya. Cara melipat pakaian seperti biasa yang kita lakukan dirumah akan membuat Tas Gunung menjadi sesak dan penuh, maka gulunglah pakaian yang sudah dilipat kemudian ikat dengan karet gelang. Maka kita tinggal menata dalam Tas Gunung.
Siapkan kantung plastik untuk memisahkan pakaian basah/sudah dipakai.

      2.  Makanan
Simpan makanan dibagian tas yang mungkin tidak akan rusak saat tas ditaruh ataupun jatuh. Dan taruh ditempat yang mudah dikeluarkan, jika perlu sendirikan dengan kantung plastik agar mudah mengeluarkannya. Sendirikan menurut ketahanan makanan tersebut, makanan basah di pisah dengan makanan kering.
      3.  Obat Pribadi
Obat Pribadi tidak memakan tempat yang besar, maka taruh obat pribadi di tempat kecil yang mudah dikeluarkan setiap saat.

      4.  Minuman
Di Tas Gunung biasanya sudah disediakan untuk menaruh air minum. Air minum sebisa mungkin diletakkan diluar, karena kita akan sering minum di perjalanan. Juga agar tidak repot saat mengeluarkan minum.

      5.  Jas Hujan
Karena cuaca tidak menentu, maka siapkan jas hujan pada tempat yang mudah dikeluarkan. 

      6.  Jaket
Karena jaket begitu besar dan tebal, maka lipat dan gulunglah sekecil mungkin Jaket yang kita bawa. 

      7.  Nesting
Jangan sia – siakan tempat yang ada. Nesting memiliki tempat yang tersisa, bisa digunakan untuk menaruh makanan kecil yang ada. 

      8.  Matras
Kita bisa memanfaatkan Matras untuk pelapis dalam tas gunung. Bila tidak, matras bisa kita gulung dan taruh diluar, walaupun nanti akan mengganggu kita saat berjalan, karena menyangkut ranting diperjalanan.

      9.  Senter / Head Lamp
Taruh senter / head lamp di tempat yang mudah dikeluarkan dan terjaga dari air hujan.

      10.  Alat Elektronik dan Kompas
Alat Elektronik yang penting dan dibutuhkan sebaiknya kita bungkus dengan kantung plastik agar terhindar dari embun dan air hujan. Taruh kompas dalam Tas Gunung yang aman, mengingat kompas mudah rusak.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Facebook Stumbleupon

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost