Selasa, 19 Februari 2013

Peralatan dan Perlengkapan Pendaki

Seorang pendaki memiliki peralatan dan perlengkapan wajib yang harus di bawa. Tujuannya tentu saja untuk bertahan hidup di alam bebas. Berbagai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dapat kita temui di toko khusus peralatan pendaki.
Berbagai peralatan dan perlengkapan yang harus di bawa seperti :

      1.  Alat Navigasi
Peta Lokasi, Kompas, Altimeter (Alat pengukur ketinggian). Ini berguna agar kita tidak tersesat dalam perjalanan. Jika pendakian sudah memiliki rute sendiri, maka jangan keluar dari rute tersebut.

      2.  Alat Komunikasi
Alat komunikasi seperti HT, ini berguna agar kita dapat terpantau dengan pos penjaga untuk mengabarkan lokasi kita. 

      3.  Carrier
Carrier / Tas Gunung, ini berguna untuk membawa semua perbekalan yang dibutuhkan selama pendakian. Perlu penataan yang baik saat menaruh perlengkapan pendakian, agar tidak terlalu penuh.
 
      4.  Sleeping Bag
Dinginnya udara di pegunungan, rasa kantuk yang membuat kita ingin tidur sejenak. Sleeping Bag (Kantung Tidur) menjaga kita tetap hangat saat berada di pegunungan.

      5.  Matras
Berguna untuk alas saat kita tidur di tenda. Bisa juga sebagai pelapis dalam pada carrier atau tas gunung agar menjadi lebih rapi.

      6.  Senter / Head Lamp
Gelapnya malam dipeunungan, tidak adanya sumber penerangan, akan membuat perjalanan kita terhenti karena gelapnya malam. Senter dan Head Lamp digunakan pada kondisi tersebut agar perjalanan tidak terhenti hanya karena gelap.

      7.  Jaket
Digunakan untuk menghangatkan tubuh saat berada di pegunungan / ketinggian yang suhunya sangat dingin. Maka dibutuhkan jaket tebal dan tahan terhadap embun pagi. Saran saya pilih jaket parasit.

      8.  Jas Hujan
Cuaca yang tidak bisa ditebak, hujan turun dengan derasnya. Jas hujan berguna saat hujan tiba, untuk menjaga pakaian dan bawaan yang kita bawa agar tidak basah. 

      9.  Baju ganti
Walau hanya mendaki selama 2 hari 1 malam, apalagi lebih dari itu. Cuaca tidak menentu membuat kita harus menyiapkan baju ganti minimal 1 stel. Itu karena jika hujan datang dengan tiba – tiba yang membuat kita basah, maka kita masih memiliki pakaian ganti. Karena pegunungan sangat dingin maka kita tetap butuh pakaian kering untuk menghangatkan tubuh.

      10.  Sarung Tangan, Kupluk, dan Kaos Kaki
Semua itu untuk menghangatkan tubuh kita dari dinginnya malam yang menusuk. Tips gunakan perlengkapan penghangat di atas pada saat mencapai puncak / untuk beristirahat di tenda. Jangan menggunakan perlengkapan tersebut pada saat memulai pendakian karena hujan bisa turun kapan saja. Hawa panas dari kita berjalan mendaki akan menghangatkan tubuh kita. Itu juga agar kita tidak kekurangan perlengkapan penghangat saat di puncak. 

      11.  Sepatu Hiking
Medan yang berat dan jalan yang terjal akan selalu ada di setiap pendakian. Sepatu Hiking digunakan untuk melindungi telapak kaki kita dari terjalnya bebatuan.

      12.  Parafin / Kompor Portable + Gas
Parafin harus dibawa walaupun sudah membawa kompor portable. Karena parafin berguna jika kompor yang kita bawa mengalami masalah.

      13.  Korek Api
Tentu saja untuk menghidupkan api. Membuat api untuk menghangatkan tubuh saat berada di ketinggian. Membuat api untuk memasak. Korek api jangan sampai tertinggal.

      14.  Nesting
Seorang pendaki juga manusia yang membutuhkan makan. Perlengkapan memasak harus ada untuk membuat makanan yang kita bawa.

      15.  Makanan
Jangan lupakan yang satu ini, barang yang membuat kita tetap hidup. Makanan membuat kita memiliki energi untuk melanjutkan pendakian yang tidak mudah perjalanannya. Tips, bawalah madu, madu sangat berguna saat kita kekurangan makanan, karena rasa manis madu membuat kita memiliki energi cukup seperti saat kita memakan 1 porsi jatah makan kita.

      16.  Air Mineral
Terkadang air menjadi barang langka di pegunungan karena sulitnya mencari air dipegunungan. Maka bawalah air mineral, air yang kita bawa juga harus bisa untuk memasak.

      17.  Pisau Lipat / Golok Tebas
Tentu saja untuk mengupas makanan agar kita kenyang. Untuk memotong ranting yang diperlukan. 


      18.  P3K
Ada kalanya perjalanan kita terhalang yang membuat teman atau kita terluka. Agar yang teman yang terluka tidak sakit lebih parah, peralatan P3K sangat penting di bawa. Biasanya cukup 1 orang dalam 1 kelompok yang membawa. Jika kamu merasa perlu membawa, bawalah obat – obat pribadi.

      19.  Tenda
Ini tidak akan terlupa dalam satu kelompok pendaki. Biasanya tenda dibawa menurut jumlah pendaki yang ada dikelompok tersebut. Tenda akan menjaga kita dari hujan maupun angin dingin yang menyelimuti pegunungan.

      20.  Alat Dokumentasi
Jangan sia – siakan perjalanan kita, maka abadikan setiap perjalanan pendakian. Pemandangan di atas pegunungan tidak selalu hadir didalam kehidupan kita, maka jangan lupa membawa alat dokumentasi. J

Perlengkapan tersebut tidak perlu dibawa untuk perorangan, tanyakan kepada teman sekelompok dan untuk pembagian bisa dibagi rata.

“Jangan pernah mendaki bila dalam kelompok tidak ada yang berpengalaman mendaki”
“Pastikan ada satu kompas dalam setiap kelompok pendaki”

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Facebook Stumbleupon

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost